Thursday, November 27, 2014

Pengertian, Fungsi Dan Manfaat Meta Tag

 
Gambar : digitalsherpa.com
1. PENGERTIAN META TAG

-> Apa Itu Meta Tag?
Meta tag adalah suatu kode atau serangkaian kode HTML yang di pasang di dalam template suatu blog yang bertujuan untuk membantu web robot google dalam menganalisa seluruh konten (isi artikel) dari blog. Sehingga akan memudahkan dalam mengindeks / Crawling blog kita. 


-> Dimana Meta Tag Diletakkan?
Meta tag diletakkan diantara kode <head> dan </head> pada template blog. Biasanya tepat dibawah <head> pada template.
-> Ada Berapa Macam Meta Tag?
Terdapat beberapa meta tag yang sangat penting yang seharusnya dipasang pada template blog, diantaranya :
* 1. Meta Tag Title
Meta tag yang menyatakan identitas atau judul dari suatu blog. Seperti blog saya yang berjudul: Blog Mas Hendra.

Berikut penulisan meta tag title :
<title><data:blog.pageTitle/></title> 
Anda dapat memodifikasi kode meta tag title agar judul postingan lebih dulu terindeks oleh search engine dari pada judul blog (salah satu trik SEO).
Penulisannya berubah menjadi :
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title> 
*2. Meta Tag Deskripsi
Meta tag yang berfungsi untuk mendeskripsikan seluruh konten (isi) artikel suatu blog. Meta tag ini membantu web spider atau web robot search engine dalam mendeskripsikan blog Anda. 

Berikut penulisan meta tag deskripsi : 
<meta content='My Experience Is My Inspiration' name='description'/> 
*3. Meta Tag Keywords
Meta tag yang berisi keywords (kata kunci) dari konten blog Anda. Kata kunci harus sesuai dengan materi dari artikel Anda. Karena dengan kata kunci yang benar, dapat lebih mudah menjaring pembaca ke blog Anda berdasarkan kata kunci tertentu.
Berikut penulisan meta tag keywords :
<meta content=’keyword1,keyword2,keyword3, dan seterusnya‘ name=’keywords’/>
Penulisan kata kunci harus dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh penulisan meta tag keywords: pengertian, meta, tag, dst.
*4. Meta Tag Verifikasi
Meta tag yang dipasang pada template blog setelah Anda mendaftarkan blog ke search engine Google, Bing, Msn, Yahoo, Alexa dan search engine yang lainnya. Setelah proses verifikasi blog selesai, biasanya Anda diharuskan memasang kode meta tag verifikasi tersebut pada template blog Anda.
Berikut contoh penulisan meta tag verifikasi :
<meta content='TtuX5x792RG5l1Vt52Lue2VbFGm545
NIlQQw1CGI23c' name='google-site-verification'/>
= meta tag dari Google
<meta content='af350aa3e238f9c3' name='y_key'/
> = meta tag dari Yahoo
<meta
content='EF3208999BFC2D6DD07C9896BF493B3B
' name='msvalidate.01'/> = meta tag dari MSN/
Bing
<meta content='wIOcDXyX7nhrfNmLaljhzeaDYlc'
name='alexaVerifyID'/> = meta tag dari Alexa
Kode - kode meta tag verifikasi tersebut jangan pernah Anda hapus, karena merupakan bukti bahwa Anda telah mem-verifiksi blog Anda.
2. FUNGSI META TAG

Seluruh meta tag yang telah Anda pasang tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi blog Anda. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut :
- Membantu robot google dalam mengindeks konten blog.
- Membuat blog lebih cepat terindeks pada search engine.
- Membuat posting lebih cepat terindeks search engine berdasarkan kata kunci.
- Spider bot search engine lebih mudah mengindeks konten blog.
3. MANFAAT META TAG
- Membuat blog Anda menjadi ramai visitor / pengunjung.
- Memungkinkan artikel berada pada halaman pertama Google.
- Judul artikel / postingan lebih mudah terindeks search engine.
- Menaikkan trafik dan page rank blog Anda.
Demikian artikel saya kali ini mengenai pengertian, fungsi dan manfaat meta tag. Mudah2an dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua. Sampai jumpa di artikel yang lainnya.
Continue reading

Wednesday, November 26, 2014

, , , , ,

Istilah – Istilah Dalam Blog

A-List: Sebuah daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan traffic relatif tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging. Biasanya merujuk pada daftar 100 Technorati Blog.

Adsense: Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet. Adsense dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepadapara blogger untuk melakukan monetisasi blognya denganmenampilkan iklan kontekstual di blog mereka. Setiap kali seseorangmengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akanmendapatkan sejumlah komisi.

Adwords: Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click
(CPC). Seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiapkliknya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google
maupun di unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense.

Affiliate Marketing: Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang sangat populer untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi. Komisi bisa bersifat tetap atau berubah-ubah, dan bisa berdasarkan klik, leads atau penjualan yang terjadi.

Akismet: Plugin filter spam untuk blog berplatform WordPress yang sangat populer. Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang membuat kode WordPress, Automattic.

Alexa: Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet. Belakangan mereka mengubah algoritme ranking ini untuk menghilangkan bias toolbar yang banyak menguntungkan situs-situs bertopik teknologi. Semakin rendah ranking Alexa, maka
semakin tinggi trafficnya. Walaupun demikian terdapat sejumlah kontroversi mengenai akurasi ranking Alexa ini.

Anchor Text: Teks yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

Atom: Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.

Automattic: Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan bertanggungjawab terhadap pengembangan WordPress.org (software blog) dan WordPress (hosting) selain proyek-proyek lainnya.

Backlink: Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink penting karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

Blackhat: Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu. Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct adalah contoh teknik-teknik blackhat.

Blog: Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya isinya berupa artikel, yang disebut post, dan disusun berdasarkan
urutan kronologis. Awalnya blog muncul sebagai diary online, namun saat ini blog mencakup berbagai macam ceruk topik, dan bersaing ketat dengan media massa kebanyakan.

Blog Carnival: Sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topik tertentu. Biasanya blog carnival hanya terdiri dari satu blog dengan sejumlah blog yang berpartisipasi mengirimkan artikelnya.

Blogger: Seseorang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik Google (yang lebih dikenal dengan nama ekstensi Blogspot).

Blogging: Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog. Bisa juga berarti aktivitas yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger (misalnya berinteraksi dengan pembaca, mempersiapkan materi, konten dan lain-lain

Bloglines: Salah satu RSS Feed Reader yang paling populer. Bloglines merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed.

Blogosphere: Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.

Blogroll: Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.

Comments: Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback di setiap halaman posting artikel sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsung dan telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.

Comment spam: Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.

Compete: Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.

CPC: Kependekan dari cost-per-click, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik
iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya. Di sisi lain, terdapat penerbit iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya dan mendapatkan uang untuk setiap klik
yang dilakukan pengunjung situs atau blognya. Jaringan iklan CPC paling terkenal adalah Google Adwords.

CPA: Kependekan dari cost-per-action, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan
tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.

CPM: Kependekan dari cost-per mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog

CSS: Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman web yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).

Digg: Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng-klik iklan.

Domain: Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.

Duplicate content: Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-konten hasil duplikasi.

Favicon: Kependekan dari “Favorite Icon”, adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

Feed: Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.

Feed Count: Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

FeedBurner: Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik,
dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

FTP: Kependekan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Jika Anda menggunakan layanan
perusahaan hosting, Anda membutuhkan FTP untuk mentransfer file situs Anda dari komputer Anda ke server perusahaan hosting tersebut.

Google Analytics: Sebuah layanan gratis dari Google yang memberi pemilik situs sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah traffic dan pengunjung situsnya. Google Analytics juga dikenal sebagai salah satu layanan web paling terpercaya (layanan lain seperti Webalizer atau AWStats cenderung melebihkan angka dengan memasukkan traffic bukan-manusia ke dalam data yang dihasilkan).

Google Reader: RSS Reader paling populer di dunia internet. Google Reader merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan para penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed situs atau blog tertentu. Karena saking populernya, banyak situs yang menampilkan badge khusus Google Reader agar pembacanya bisa berlangganan RSS Feed melalui Google Reader.

Hotlinking: Juga dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri bandwith, hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan obyek tertentu (seringkali berupa gambar) dari satu situs ke dalam situs yang lain. Meskipun praktek ini awalnya merupakan bagian dari desain besar dunia web, namun belakangan orang cenderung mengaitkannya dengan praktek penyalahgunaan. Ketika Anda melakukan hotlinking sebuah gambar yang ada di situs lain, misalnya, Anda telah “mencuri” bandwith situs tersebut dan kemungkinan besar juga telah melanggar hak ciptanya.

Linkbait: Segala macam konten (artikel, tools, kuis, video, gambar) yang dibuat dengan tujuan utama untuk menarik link ke situs yang bersangkutan. Kuantitas dan kualitas backlink adalah salah satu faktor
dibalik sistem algoritma mesin pencari Google, itulah alasan mengapa orang sangat memperhatikannya. Bahkan ada pemasar online yang mengkhususkan diri menciptakan cara promosi linkbait.

Movable Type: Sofware blogging yang diciptakan oleh Six Apart. Pada tahun 2007 Movable Type menjadi layanan blogging gratis (dikeluarkan dibawah ketentuan GPL atau General Public License).

Meta tags: Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung
tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

Niche: Dalam jargon dunia internet, niche merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau lebih niche. Contoh-contoh niche misalnya adalah olahraga, gosip, humor dan keuangan. Beberapa niche dianggap lebih populer dan menguntungkan ketimbang yang lain.

Nofollow: Juga disebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang disisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan, dan
karenanya tidak menganggapnya sebagai link yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikan agar semua link berbayar menggunakan tag nofollow.

PageRank: Juga sering disebut Google PageRank, adalah sebuah sistem metrik yang digunakan oleh Google untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs. Google PageRank memiliki nilai skala dari 0 hingga 10, dimana 10 adalah nilai tingkat kepercayaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan. Terdapat algoritme yang rumit dibalik skala PageRank, namun faktor terpenting yang mempengaruhinya adalah
jumlah dan kualitas backlink sebuah situs atau blog. Nilai PageRank (yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar) di-update setiap setiap tiga bulan sekali.

Page Views: Juga biasa disebut impresi. Setiap kali pengguna internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu page view akan dihitung. Seorang pengguna internet, misalnya, bisa mendapatkan sejumalh page views selama mengunjungi sebuah situs. Situs-situs populer bisa mendapatkan jutaan page views setiap bulannya.

PHP: Kependekan dari Programming Hypertext Processor, adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak. Banyak situs (misalnya Digg.com)
dibangun menggunakan PHP, seperti halnya beberapa platform blog (misalnya WordPress). Jika Anda seorang blogger atau web master, ada kemungkinan besar Anda akan menggunakan PHP.

Pillar article: Sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak, untuk merujuk sebuah artikel panjang dan terstruktur, berisi informasi atau sumber rujukan yang bermanfaat, yang dipublikasikan
di blog. Artikel pilar sangat penting untuk membangun otoritas dan menarik traffic pengunjung ke blog Anda. Kedua faktor diatas datang dari blogger yang lain yang mendapatkan manfaat dari artikel pilar dan menautkan link ke artikel pilar tersebut.

Ping: Sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dala jargon dunia blogger dan web master, ping juga berarti tindakan
mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa Anda telah meng-update blog atau situs Anda. Setiap kali Anda mempublikasikan sebuah posting artikel baru, sebagai contoh, Anda bisa melakukan ping ke mesin pencari untuk memberitahukan update yang Anda lakukan.

Pingback: Sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu sebuah situs ketika seseorang menautkan link atau merujuk kepada situs tersebut. Kebanyakan platform blog mencatat pingback secara
otomatis. Artinya, manakala seseorang menautkan link ke suatu artikel yang Anda tulis, link-nya akan muncul di bagian komentar blog Anda.

Pligg: Sebuah sofware open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat situs social bookmarking di situsnya. Situs paling terkenal yang menggunakan sofware Pligg adalah Sphinn.com.

WordPress Plugin: Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan sebuah software, dalam hal ini adalah WordPress. Terdapat ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.

Pro Blogger: Sebutan untuk seorang blogger profesional yang mendapatkan penghasilan melalui blog dan hidup dari income yang ia terima dari aktivitas blogging.

RSS: Kependekan dari Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update secara berkala. Sebuah dokumen RSS (yang disebut feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs. Keuntungan terbesar menggunakan RSS adalah memungkinkan pengunjung sebuah situs untuk tetap berhubungan dengan situs-situs favorit mereka tanpa harus mengunjunginya secara online. Manakala Anda berlangganan sebuah RSS Feed, secara otomatis Anda akan menerima updates konten situs bersangkutan apabila situs tersebut mempublikasikan konten baru.

Scraper: Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan atau tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinya. Scraper bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis dan biasanya menggunakan tool scraping RSS Feed. Scraper jelas-jelas merupakan pelanggaran hak cipta.

Splog: Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan konten- konten spam. Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan dengan link-link situs-situs obat-obatan terlarang, minuman keras dan judi.

SEO: Kependekan dari search engine optmization. SEO mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search engine (terutama Google). Ada dua jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: optimisasi on-page, yakni mengoptimalkan penggunaan tag dan konten sebuah situs; dan optimisasi off-page, yakni mengoptimalkan faktor-faktor eksternal misalnya jumlah dan kualitas backlink, teknik-teknik promosi, dan lain-lain.

SERP: Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine, Anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata
kunci yang Anda cari. Halaman itulah yang disebut SERP.

Social Bookmarking: Disebut juga social aggregators atau community bookmarking. Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan,
menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com, Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us.

Social Media: Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya (dalam bentuk teks, gambar, suara, video atau gabungan dari semuanya). Contoh situs social media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia dan lain-lain.

Social Networks: Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada sejumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi kesempatan penggunanya yang memiliki sebuah minat yang sama untuk saling berhubungan, berinteraksi dan berbagi. Contoh populer situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com.

StumbleUpon: Situs social bookmarking populer yang bertujuan memampukan para penggunanya untuk menemukan situs-situs baru dan menarik. StumbleUpon bekerja dengan menggunakan browser
toolbar yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan vote dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan menampilkan sejumlah situs atau halaman situs berdasarkan pilihan penggunanya dan apa yang di-vote oleh pengguna lain.

Subscriber: Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs tersebut di-update dengan konten baru, pelanggan tersebut akan menerima konten melalui RSS Reader ataupun email. Para web master dan blogger sangat memperhatikan jumlah pelanggan RSS karena ia merepresentasikan jumlah pembaca setia dan traffic pengunjung yang konstan.

Tag: Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel ketimbang kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang lebih spesifik. Satu artikel atau posting biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak tag di dalamnya.

Technorati: Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai kehilangan
perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler di dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.

Twitter: Sebuah layanan social networking dan microblogging yang kini sangat populer. Pengguna Twitter dapat “mengikuti” pengguna yang lain untuk mendapatkan updates berita terbaru dari mereka. Setiap update hanya boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.

Text Link Ads: Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian Google mulai memberi penalti situs-situs yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search engine.

Trackback: Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.

Unique visitor: Unique visitor adalah jumlah pengunjung manusia yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu tertentu, Katakanlah 3 orang mengunjungi sebuah blog pada hari yang sama, 2 orang
mengunjunginya dua kali dan masing-masing membuka 5 halaman blog. Maka pada hari tersebut, blog ini memiliki 3 unique visitors, 5 total visitors, dan 15 page views.

Viral Content: Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia internet, seperti halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya sendiri bisa berupa artikel, gambar, atau video, namun harus sangat
lucu, kontroversial atau sangat bermanfaat sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya. atau memberitahu temannya mengenai hal tersebut.

WordPress: Software blogging paling populer di dunia internet, diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bernama Automattic. WordPress mendapatkan popularitas terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif. Ada ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin dan dukungan terhadap pengembangan proyek
WordPress.

URL: Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah http://www.namadomain.com.

Viral Marketing: Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat menggunakan sarana email, blog dan kabar dari mulut ke mulut. Banyak situs sosial media dan situs sosial bookmarking juga dipergunakan sebagai sarana viral marketing.

XML: Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan
menggunakan teknologi RSS.
Continue reading Istilah – Istilah Dalam Blog
,

Cara Merawat Baterai Laptop

Hampir semua notebook saat ini menggunakan rechargeable Lithium ion (Li-Ion) baterai. Lithium Ion memberikan banyak manfaat dibanding baterai Hidrida Nickel-Metal sebelumnya (NiMH) atau Nickel Cadmium (NiCd) di eranya. Termasuk berat yang lebih enteng, kinerja yang lebih baik, dan kekebalan yang disebut sebagai “memori efek”.
Diluar dari manfaat ini, Anda juga dapat memaksimalkan umur baterai Anda dengan mengikuti tips-tips berikut:
  1. Baterai baru harus diisi sampai penuh sebelum digunakan.Agar baterai Anda berumur panjang atau bisa digunakan dalam waktu yang lama, harap mengisi baterai sampai penuh sebelum Anda menggunakannya. Penting untuk diingat juga, untuk 3 siklus pengisian pertama, selalu mengisi baterai sampai penuh sebelum dipakai dan kosong sepenuhnya sebelum kembali mengisi ulang.
  2. Kalibrasi baterai selama beberapa bulan.
    Hampir semua baterai notebook diciptakan dengan mikroprosesor internal, yang memberikan perkiraan kondisi baterai seperti  berapa kali diisi dan tidak diisi, kapasitas muatan penuh dan berapa kali siklus pengisian. Kapasitas pengisian penuh ini akan menjadi sedikit tidak akurat setelah beberapa bulan dan kalibrasi dapat membantu memulihkan kinerja baterai. Beberapa notebook menyediakan alat pengukuran di aplikasi BIOS atau Windows. Jika notebook Anda menyediakan satu dari dua pilihan tersebut, Anda bisa mengikuti 3 langkah berikut untuk pengukuran:
    • Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook Anda pengisian penuh baterai Anda.
    • Ketika baterai sudah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja. Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Nah, ketika  baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
    • Sambungkan pusat listrik ke adaptor Anda lagi dan isi ulang kembali baterai Anda sampai penuh.
    • Baterai Anda telah dikeringkan untuk kalibrasi
  1. Gunakan Baterai dalam kondisi layak
    Secara umum, baterai itu dapat bekerja secara optimal dalam suhu ruangan 68°F (20°C) namun suhu ruangan antara 32° sampai 95° F (0-35° C) juga akan membuat baterai dapat bekerja dengan baik juga. Jika Anda menggunakan notebook dengan tenaga baterai di suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin, bisa menurunkan kualitasnya. Hal itu juga memberikan pengaruh negatif untuk jangka hidup baterai anda.
  1. Simpan Baterai Anda dalam keadaan baik jika tidak digunakan
    Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan notebook selama satu bulan atau lebih, kami merekomendasikan baterai disimpan secara terpisah di tempat yang bersih kering dan sejuk. Harap juga memastikan bahwa baterai memiliki sekitar 70% muatan yang tersisa. Selama penyimpanan baterai akan melakukan self-discharge lambat, jadi kami tidak menyarankan menyimpannya untuk waktu yang sangat lama (3 bulan atau lebih), karena dapat mempengaruhi kualitas baterai itu sendiri.
Continue reading Cara Merawat Baterai Laptop

Tuesday, November 25, 2014

Cara Memperbanyak Link In Alexa




Link in alexa adalah sebuah element penting blog yg harus sobat perbanyak agar blog sobat menjadi lebih sukses pada saat di lihat orang, Terkadang para blogger mengukur seberapa suskesnya suatu blog dengan Pagerank, Visitor dan Pageview, Alexa Rank, Backlink dan Link in alexa. agar link in alexa bisa menambah dengan cepat sobat blogger bisa menggunakan tips yang akan saya berikan berikut ini.
1. Carilah sebuah blog yg memiliki link in alexa yg cukup banyak, sebagai contoh adalah seperti ini :
Cara Memperbanyak Link In Alexa
Untuk lebih mudah gunakan alexa tollbar yg sudah di sediakan di websitr alexa..
2. Atau bila sobat tidak ingin memasangnya bisa pergi ke wesite alexa setelah itu masukan URL blog yg memiliki link in alexa cukup banyak tersebut. akan ada tampilan seperti ini :
Cara Memperbanyak Link In Alexa
Klik link yg saya kotaki tersebut.
3. akan muncul deretan website di mana link blog yg sobat masukan URLnya berada.
4. Kunjuni website tersebut setelah itu berkomentarlah di salah satu posting.
Continue reading Cara Memperbanyak Link In Alexa

Cara Riset keywords Dengan Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Perhatian: Google Adwords Keyword Tools Sudah ditutup dan diganti dengan Google Adwords Keyword Plan
Sebelum anda membangun sebuah website bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya anda ingin menentukan topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu. Melakukan riset kata kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan sebuah website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan sangat mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google.
Salah satu alat atau tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci website anda adalah Google Adwords: Keyword Tool. Sebenarnya alat ini pada awalnya disediakan oleh pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan agar pihak advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari google.
Bagi para publisher adsense, internet marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini adalah salah satu tools terbaik pencari kata kunci untuk membangun website bisnis mereka, dan dapat digunakan secara gratis. Lalu anda bertanya, bagaimana cara riset keywords dengan menggunakan google adwords keyword tools? Baca terus artikel ini karena sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini adalah gambar tampilan Google adwords keyword tools:
Google Adword keyword tools1 1024x567 Cara Riset keywords Dengan Menggunakan Google Adwords Keyword Tools
Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools. Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik anda mendaftar terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda, tujuannya adalah agar  dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan gambar di atas:
  1. Pada kolom No. 1, anda masukan keywords/ kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
  2. Pada  kolom No. 2, anda bisa mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda, tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom tersebut.
  3. Pada kolom No. 3, pastikan anda mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.
  4. Pada Kolom No. 4,  langkah ini adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.
  5. Kolom 5, setelah anda selesai memilih setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”, anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.
  6. Pada kolom 6, anda akan melihat data setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.
Sampai pada langkah di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang ditampilkan di google adwors kwyword tools, saya sangat menyarankan agar anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena akan berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih. Untuk riset keywords yang lebih mendalam akan saya bahas pada artikel berikutnya.
Continue reading Cara Riset keywords Dengan Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

CuteRank – Aplikasi Untuk Mengetahui Posisi Situs di Search Engine.


cuterank
Sesuai dengan judul diatas kali ini saya akan membahas mengenai CuteRank yang sebelumnya kita sudah membahas mengenai Cara Riset Keyword menggunakan tool gratis dari google yaitu Google Planner.

CuteRank

CuteRank merupakan aplikasi Gratis namun terdapat Versi berbayarnya seharga $ 59,95 USD, karena kita orang indonesia lebih suka yang Gratis, maka lebih baik menggunakan versi gratisnya saja :), yang penting software tersebut bekerja seperti yang kita inginkan.
Anda dapat mendownload Aplikasi tersebut di member area download E-SEO Gratis, dengan syarat mendaftar terlebih dahulu disini.
Setelah mendownload install aplikasi seperti biasa menginstall aplikasi lainnya, selesai menginstall buka CuteRank tersebut, dan akan muncul tampilan seperti berikut.
cuterank
pada gambar tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan, pertama masukan URL situs anda, kemudian keyword yang anda target, kemudian pilih search engine yang di inginkan untuk mentrack situs anda, seperti contoh gambar diatas, saya hanya memilih Search Engine Google.com dan Google.co.id (indonesia).
Setelah itu tekan “Ok” maka software akan mulai mencari posisi situs kita di search engine yang sudah dipilih, hal ini memerlukan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan internet dan banyaknya keyword.
cara menetahui situs di google
Selesai mengupdate, sekarang anda sudah dapat melihat ranking berapakah situs anda untuk kata kunci yang ditarget.
selain itu kita juga dapat memanage, keyword – keyword pada CuteRank dalam sebuah Grup Keyword, cara membuatnya cukup mudah.
pertama pilih menu “Grup” –> “New Keyword Grup” yang artinya membuat Group Keyword baru.
tutorial cuterank
Masukan Nama Group Keyword, kemudian “OK”.
setting cuterank
Dan Keyword Group berhasil dibuat, selanjutnya anda hanya tinggal mengblock keyword yang ingin ditambahkan pada Grup tersebut, lalu pilih menu “Keyword” –> “Add to Keyword Grup” yang artinya menambahkan keyword yang diblock tadi ke dalam group.

Pilih Group Keyword yang telah dibuat tadi, dan sekarang anda bisa lebih mudah untuk mentrack posisi situs menggunakan CuteRank, seperti gambar dibawah.
cara mentrack situs di search engine
Sekian Posting saya kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa untuk “Subscribe” dengan memasukan Email utama anda pada widget disamping dan dapatkan Update Ekslusif GRATIS!! dari http://www.rudinazar.com.
Komentar yang baik sangat saya tunggu :) sekian dan terimakasih.
Continue reading CuteRank – Aplikasi Untuk Mengetahui Posisi Situs di Search Engine.

Belajar Membuat Situs Pejwan di Google dengan 3 Langkah Mudah

Hai saya kembali Rudi Nazar, diposting kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman semua mengenai belajar membuat situs pejwan di google dan pengalaman saya ketika mengenal SEO dan saya berusaha sekeras mungkin untuk membuat salah satu halaman situs saya pejwan, dan akhirnya berhasil dan rasanya senang sekali :D .
Dari pengalaman tersebut saya mulai mencintai SEO lebih dalam :) dan terus belajar SEO sampai sekarang, agar menjadi lebih ahli.

Belajar Membuat Situs Pejwan di Google

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajarkan kepada anda membuat halaman situs ranking pejwan dengan keyword yang SEDIKIT kompetitornya, dan saya juga ingin membuktikan bahwa semua yang saya ajarkan memang benar dan terbukti di situs saya maupun disitus anda.
Oke.. jadi langsung saja kita kepembahasan, dan harap perhatikan dengan BAIK step-by-step yang saya ajarkan.

#1 Lakukan Riset Keyword

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah Riset Keyword, jika anda tidak tau apa yang dimaksud dengan riset keyword dan bagaimana cara mempraktekannya, silahkan baca posting saya disini atau lihat video tutoriannya dibawah ini.
Hal yang normal untuk melakukan riset keyword adalah dengan mencari hasil yang paling tinggi, namun kali ini anda tidak meriset keyword yang paling banyak diketikan orang di google.
Melainkan keyword yang sedikit diketikan orang di Google dan mempunyai pesaing yang tidak terlalu berat.
perhatikan: berikut contoh keyword “belajar membuat situs pejwan” yang saya riset di Google Planner.
belajar membuat situs pejwan
Keyword tersebut mempunyai hasil yang sangat kecil bahkan NOL :) , setelah itu CEK kompetitor dihasil SERP dengan mengetikannya di Google.
pejwan
Bisa anda lihat bahwa keyword diatas juga mempunyai kompetitor yang sedikit, jadi akan lebih mudah untuk membuat situs kita ranking pejwan, dan ternyata situs saya sudah nyempil duluan :D
Oke.. kemudian hal yang harus anda lakukan adalah dengan mengikuti apa yang saya lakukan tadi, yaitu :
#1.1 Riset Keyword dan temukan keyword yang anda inginkan TETAPI mempunyai hasil pencarian yang sedikit di Google Planner.
#1.2 Setelah meriset keyword, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah CEK keyword tersebut dihasil SERP Google, kemudian LIHAT apakah keyword yang anda pilih tadi mempunyai pesaing yang sangat tinggi? atau tidak.
Jika keyword tersebut mempunyai kompetitor yang tinggi di hasil SERP maka silahkan anda riset keyword lagi sampai menemukan keyword yang pesaingnya rendah.
Hal simpel yang biasanya saya lakukan untuk mengetahui pesaing di hasil SERP tinggi atau tidaknya yaitu dengan melihat apakah banyak orang yang mempunyai title tag atau konten yang sama dengan keyword yang diketikan, jika banyak konten yang sama berarti kompetitornya tinggi dan sebaliknya.
Saya mengajarkan kepada anda mengoptimasi keyword yang tidak mempunyai pesaing tinggi karena hal ini untuk mempermudah anda belajar dari langkah awal dan langkah mudah.
Setelah anda berhasil membuat situs ranking dengan keyword yang kompetitornya lemah, baru anda bisa melanjutkan mengoptimasi keyword yang kompetitornya lumayan tinggi.
#1.3 TARGET satu keyword yang sesuai dengan diatas untuk dijadikan “Keyword Target” anda.

#2 Buat Artikel Super Relevan dan Full Optimasi

Setelah anda melakukan riset keyword dan mempunyai satu keyword yang ditarget, langkah selanjutnya yaitu menulis artikel atau posting untuk halaman anda dan mengoptimasinya semaksimal mungkin.
Ikuti langkah saya berikut :
#2.1 Buat artikel minimal 1000 kata dan semuanya membahas topik atau keyword yang anda target, saya menyarankan anda membuat artikel minimal 1000 kata karena saya sering melihat orang yang sudah menjadi Premium Member E-SEO tetapi dia melakukan on page seo yang sangat buruk yaitu menulis artikel dengan tidak baik, dan hanya terdapat kurang lebih 300 kata.
membuat situs berada di google
Tentu saja hal tersebut pasti akan membuat susah situs ranking di Google, jika tidak dipadukan dengan backlink yang baik.

Tips Membuat Artikel Ala Rudi Nazar

#2.1.1 Kumpulkan data atau refrensi atau apapun namanya itu :) untuk dijadikan bahan anda membuat artikel atau posting, anda boleh mencontek artikel orang lain tetapi INGAT anda TIDAK diperbolehkan untuk copas karena hal tersebut sangat tidak baik.
#2.1.2 Susun data atau referensi yang telah anda kumpulkan, sehingga anda mempunyai bayangan apa saja yang akan dituliskan.
#2.1.3 Setelah menyusun data langkah selanjutnya adalah anda membuat sub judul pada artikel yang akan anda tulis, lebih detailnya anda dapat melihat situs saya dimana saya menysun sub judul dan mentandainya dengan heading atau nomor.
#2.1.4 Setalah itu mulai menulis dan berimajinasi setinggi mungkin, anggap saja anda sedang mengajar atau mengobrol, ketikan semua apa yang anda pikirkan, sehingga saya yakin anda dapat membuat artikel 1000 kata, bahkan bisa lebih.
Dengan kita membuat sub judul terlebih dahulu sebelum membuat suatu artikel, hal tersebut tentunya akan mempermudah anda mengingat dan menuliskan lebih banyak artikel dan itulah yang biasanya saya lakukan :) .
#2.2 Setelah membuat artikel minimal 1000 kata, langkah selanjutnya adalah memasukan gambar atau konten yang teroptimasi dengan baik, beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mengoptimasi sebuah gambar atau konten adalah :
#2.2.1 Masukan minimal 2 Gambar
Masukan minimal 2 gambar yang membahas topik pada halaman anda, lebih dari 2 gambar juga tidak apa-apa, yang terpenting TIDAK membuat halaman anda susah untuk di loading.
#2.2.2 File Name
File name yaitu nama dari suatu gambar sebelum anda upload, lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
file neme
Kemudian apa yang harus anda lakukan pada file name tersebut?
Silahkan ganti file name gambar yang ingin dimasukan pada artikel anda dengan menggunakan file name keyword yang ditarget.
CATATAN PENTING : anda hanya boleh memberi file name dengan keyword yang ditarget pada 2 gambar saja, satu gambar diberi dengan file name keyword yang ditarget, satu gambar lagi dengan keyword yang ditarget tetapi dengan menyertakan kata lainnya.
Contoh :
Gambar 1 file namenya : belajar buat wesite
Gambar 2 file namenya : belajar buat website pemula
#2.2.3 Title dan Alt Text
Title dan alt text merupakan hal yang wajib anda terapkan untuk mengoptimasi sebuah gambar, cara membuatnya sangat mudah anda hanya perlu menambahkan pada kode HTML image anda, contoh seperti gambar dibawah :
ranking tinggi di google
Peraturan yang sama dengan file name, ketika anda membuat title dan Alt text pastikan pada salah dua gambar mengandung keyword yang anda target.
kemudian bagaimana jika saya mempunyai banyak gambar?
Anda dapat membuat title dan alt text dengan menggunakan keyword yang anda target dengan catatan keyword tersebut BERBEDA tetapi masih satu topik.
#2.3 Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan 5 link keluar pada situs PR tinggi, seperti link keluar pada halaman wikipedia yang mempunyai satu topik dengan halaman anda.
Link juga ke situs PR tinggi lainnya seperti facebook, twitter, google, ataupun situs lainnya.
Kemudian berikan link masuk atau juga link pada halaman anda, baik itu halaman artikel lain, maupun domain anda sendiri.
Catatan PENTING : Jangan pernah melink kesitus ataupun ke halaman orang lain menggunakan keyword (anchor text) yang anda terget, karena jika anda melakukan hal tersebut, anda sedang bunuh diri.
#2.4 Tambahkan video yang bisa anda embed dari youtube, akan lebih baik jika menggunakan video anda sendiri, tetapi jika anda belum mempunyai video di youtube, silahkan embed video orang lain yang mempunyai topik yang sama.
mengenai cara embed video dari youtube ke suatu halaman posting anda dapat melihat video tutorialnya dibawah.

#3 Optimasi Full Backlink (Off Page SEO)

Oke.. setelah anda melakukan langkah diatas, hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menanam backlink untuk membuat halaman baru atau artikel anda tersebut ranking pejwan di Google.
Berikut langkah yang harus anda lakukan dan perhatikan ketika membangun sebuah backlink.

#3.1 Backlink PR tinggi

Hal yang sangat menjadi kewajiban dari sebuah backlink yaitu dari PR yang tinggi, pastikan ketika anda membangun backlink, halaman tersebut mempunyai PR yang tinggi, karena lebih tinggi lebih baik, kemudian pastikan bahwa anda hanya membangun backlink di halaman yang mempunyai PR>0.

#3.2 Link Profile

Link profile yaitu link dari form nama komentar di blog orang atau di form lainnya, ketika anda ingin berkomentar pastikan memasukan nama pada form tersebut dengan keyword yang anda target atau dengan tips saya dibawah ini :
Tips saya membangun link profile :
– Hari ke-1 = menggunakan keyword yang anda target contoh : (belajar website)
– Hari ke-2 = menggunakan keyword turunan contoh : (kursus website, belajar website pemula)
– Hari ke-3 = menggunakan nama asli anda
– Hari ke-4 = menggunakan domain situs anda
– Hari ke-5 = menggunakan keyword yang anda target
dan terus berulang.

#3.3 Link Social Bookmark

Cara mendapatkan link dari social bookmark sangatlah mudah, anda hanya tinggal daftar pada situs social bookmark sebanyak mungkin, setelah itu bookmark halaman yang sedang anda optimasi, dan hal ini sebenarnya sudah saya jelaskan lebih lengkap di Report Special Free Member silahkan anda download gratis Member Area E-SEO.
Atau silahkan tonton videonya dibawah ini :

#3.4 Link Social Media

Link dari situs social media juga merupakan hal yang lumayan penting, dan bisa membantu mengangkat situs anda pejwan, caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyebar atau menshare link/URL halaman yang sedang anda optimasi pada situs-situs social media.
Kemudian buatkan juga Note atau dokumennya di facebook, dan berikan link menuju halaman anda juga disitu, dan masih banyak lagi.
Silahkan gunakan kreatifitas anda untuk membangun backlink.
Mengenai hal diatas sebenarnya sudah saya jelaskan lebih detail diposting cara mendapatkan backlink berkualitas.
Kemudian lakukan hal tersebut semaksimal mungkin dan terus berulang membangun backlink yang BAGUS untuk mengangkat situs anda pejwan.
Continue reading Belajar Membuat Situs Pejwan di Google dengan 3 Langkah Mudah

Cara Melakukan Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner

pentingnya melakukan riset kata kunci sebelum blogging
Setiap blogger seharusnya mengetahui cara melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner. Kenapa? Karena itu akan membantu kita mengukur potensi trafik yang bisa kita peroleh.

Ini adalah tahap awal yang wajib anda lakukan jika anda mengharapkan sesuatu dari aktifitas blogging. Kalau anda melakukan blogging just for fun, maka tentunya anda tidak perlu melakukan ini.
gunakan Google Keyword Planner sebelum anda membuang-buang waktu di optimasi
Kenapa saya katakan riset kata kunci di Google Keyword Planner ini sebagai sesuatu yang penting? Karena seringkali saya menemukan banyak orang mengalami kekecewaan besar dalam aktifitas blog ataupun bisnis online-nya karena mengabaikan yang satu ini. Mereka sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam optimasi hanya untuk mendapatkan trafik yang sangat kecil .... Jika trafik saja kecil, maka tentunya anda bisa membayangkan bagaimana besarnya persentase yang bisa diubah menjadi sebuah transaksi.

Lain kasus kalau sekali deal hasilnya lumayan besar.... Misalnya, anda deal menjual sebuah rumah.... hasilnya bisa dipakai untuk beberapa bulan ke depan sambil menunggu deal lainnya.
Jadi sebelum anda kecewa karena trafik yang sangat buruk, ada baiknya anda segera melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner ini. (Sebenarnya ini adalah alat "pengganti" dari alat riset kata kunci Google External Keyword Tools yang karena sesuatu hal Google keyword tools ini ditutup Agustus 2013 yang lalu)

1. Mendaftarkan Akun Google Anda pada Adwords

Kalau anda sudah mempunyai sebuah akun Google, maka anda cukup melakukan prosedur di bawah ini untuk mendapatkan sebuah akun Adwords (sebuah customer ID).
  • Silahkan masuk ke dalam halaman Google keyword planner (klik di sini)
  • Anda akan diminta melakukan login dengan menggunakan akun dan password gmail
masuk adwords dengan menggunakan akun google anda
  • Pilih Zona Waktu dan setelahnya klik CONTINUE
tentukan negara dan zona waktu anda di adwords
  • Tunggu pesan bahwa anda sudah berhasil membuat akun dan klik link untuk membuka akun adwords anda.
akun adwords anda sudah selesai
  • Anda akan diminta sekali lagi melakukan login, jadi masukkan lagi akun dan password gmail yang sebelumnya sudah didaftarkan....
Dengan demikian pendaftaran anda sudah selesai. Anda siap menggunakan Google Keyword Planner....

2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci

Untuk memilih kata kunci dengan menggunakan alat eksternal Google ini, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

  • Setelah anda masuk ke halaman ADWORDS klik menu TOOLS AND ANALYSIS, akan muncul drop down....yang menampilkan KEYWORD PLANNER, klik sub menu tersebut.
buka google keyword planner pada adwords
  •  Pada halaman baru klik Search for new keyword and ad group ideas
    pilih opsi untuk mencari kata kunci baru
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia (jika target anda hanyalah pasar domestik). Setelah itu klik GET IDEAS  
atur parameter formulir riset kata kunci
  • Pada halaman hasil, klik tab KEYWORD IDEAS untuk menampilkan daftar panjang.
  • Jika anda pebisnis online, maka klik AVG.MONTHLY SEARCHES untuk memperlihatkan kata kunci dengan pencarian terbanyak
  • Jika anda pencari uang dari memasang iklan Adsense, maka klik AVG.CPC untuk memperlihatkan kata kunci dengan bayaran termahal
pilih tab keywords idea untuk melihat hasil pencarian bulanan
Oleh karena Avg. Monthly Searches adalah parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada 2 hal yang perlu anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, yaitu:
  • Google menampilkan hasill pencarian exact. Yang dimaksud dengan exact adalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
  • Oleh karena hasilnya adalah exact, maka anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci anda untuk menemukan jumlah pencarian yang sebesar-besarnya dari riset kata kunci ini
Bagaimana kalau misalnya setelah banyak variasi dan hasilnya tetap kecil? Anda bisa memperluas wilayah dengan membahas masalah-masalah lain yang masih cukup berkaitan dengan topik anda saat ini. Jadi anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari kata kunci "perluasan" tersebut. Untuk mengkonversinya, pastikan anda memasang banner yang menarik perhatian....
Kalau setelah diperluas masih juga kecil nilai pencariannya? Ya tidak ada pilihan selain mengoptimalkan yang kecil itu. Apakah yang sedikit itu bisa anda ubah menjadi nilai uang yang lumayan? Kalau tidak sebaiknya dipikirkan sekali lagi, apakah bisnis atau rencana blogging anda ini berharga untuk dilanjutkan...

Jadi seringkali riset kata kunci itu tidak membawa anda melihat penghasilan yang luar biasa, tapi sekedar "menyelamatkan" anda dari aktifitas yang membuang waktu dan tenaga anda....
Continue reading Cara Melakukan Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner

Membuat Bootable USB


USB (Universal Serial Bus) drive telah menjadi sebuah perangkat yang sering digunakan untuk membackup data, menggeser fungsi floppy disks, CD, dan ZIP disks. USB drive tidak hanya murah, tetapi juga sangat praktis, tahan banting, dan dapat memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Untuk mengantisipasi saat komputer kita tidak dapat melakukan bo  ot, kita harus memiliki bootable disk. Bootable disk dapat mengindarkan kita dari ketidakmampuan untuk mengakses komputer kita karena masalah booting. Dengan menggunakan bootable USB drive, kita bahkan dapat mengatasi masalah booting dengan lebih cepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable USB drive:
1. Masukkan USB drive anda ke salah satu USB port di komputer anda

2. Klik “Start” di bagian kiri bawah di layar komputer anda
3. Ketikkan “cmd” didalam window RUN untuk membuka command prompt
4. Ketikkan “disk part” kedalam command prompt dan tekan Enter. Setelah itu ketikkan “List disk” dan tekan Enter lagi.
5. Tentukan manakah dari daftar disk yang ditayangkan yang merupakan USB drive anda. (Misalnya USB drive anda berkapasitas 4GB, maka opsi dengan size 4GB itulah yang perlu anda lihat). Catat nomor yang mengidentifikasi USB drive Anda itu di kertas.
6. Ketikkan command berikut kedalam command prompt untuk melakukan format terhadap USB drive anda.
“Select disk A,” ganti “A” dengan nomor yang anda dapatkan di langkah ke 5 tadi. Tekan Enter
“Clean.” Tekan Enter
“Create Partition Memory.” Tekan “Enter.”
“Select Partition A.” Tekan “Enter.”
“Format FS=NTFS.” Tekan “Enter.”
“Assign.” Tekan “Enter.”
“Exit.” Tekan “Enter.”

7. Masukkan CD instalasi Windows XP atau Vista anda. Komputer anda akan membaca CD instalasi itu, dan sebuah window akan muncul di layar. Daftar dari semua drive yang ada akan ditampilkan disitu. Carilah huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM serta USB drive anda. Catatlah huruf-huruf ini di kertas.
8. Ketikkan command berikut kedalam command prompt:
“B:CD boot,” ganti “B” dengan huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM. Tekan “Enter.”
“CD boot.” Tekan “Enter.”
Bootsect.exe/NT60 C:,” ganti “C” dengan huruf yang merupakan simbol dari USB Drive. Tekan “Enter.”

9. Copy boot information dari CD instalasi ke USB drive dengan memasukkan command berikut kedalam command prompt:
“xcopy C:*.* /s/e/f B:/,” ganti “B” dengan huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM dan ganti “C” dengan huruf yang merupakan simbol dari USB drive. Tekan “Enter.”

Biarkan komputer melakukan copy data dari CD instalasi ke USB drive.
10. Cabut USB drive dari USB port, pasang kembali tutupnya, dan berikan label “bootable” dengan spidol. Simpan USB drive itu di tempat yang aman. Keluarkan CD instalasi Windows anda dan kembalikan ke tempatnya.
Continue reading Membuat Bootable USB
,

Cara Modifikasi Windows 7

Pada kesempatan yang baik ini segera saya interprestasikan untuk anda semua tentang langkah-langkah membuat custom CD/DVD instalasi Windows Seven sesuai keinginan anda namun sayangnya Anda tidak bisa memasukkan aplikasi atau software tambahan pada tutorial ini karena keterbatasan dari Vlite. Untuk segera memodifikasi windows 7 dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung diubawah ini:

1. Vlite dan anda dapat mengunduhnya DISINI
2. Siapkan windows 7 dan apabila masih berbentuk fileiso silahkan anda ektrak terlebih dulu sampai berbentuk folder win 7
3. Setelah kedua poin diatas telah dipersiapkan silahkan jalankan vlite lalu klik tombol Browse cari telusuri windows 7 yang telah anda ektrak tadi (No.2) lau klik next untuk melanjutkan.

vlite
4. Langkah selanjutnya silahkan beri tanda ceklis seperti dibawah ini pada Integrasi, Komponen, Tweaks, Unattended dan ISO atau pilih ceklis sesuai keinginan Anda. Klik next untuk melanjutkan ketahap berikutnya
membuat installer win 7 unattended
5.Pada bagian Integration Anda dapat mengintegrasikan Update, Hotfix, security, driver maupun Language Pack ke dalam DVD installer kita, namun untuk language pack biarkan saja jangan diisi karena tidak mendukung bahasa indonesia dan secara default akan berbahasa inggris.
cara memodifikasi win7
6. Klik next jika telah memasukkan hotfix atau biarkan saja kosong

7. Klik Next apabila sudah memasukkan driver atau biarkan kosong

8. Untuk language pack kita tetap menggunakan English (USA) dan klik Next

9. Pada bagian ini silahkan pilih fitur atau aplikasi yang akan Anda pergunakan sehingga vLite menyimpan file komponen yang diperlukan. Next


10. sesuaikan kembali komponen windows 7 yang akan Anda buang dengan menceklisnya lalu klik Next

10. Bagian unattended ini anda diwajibkan memasukkan produck key atau serial number windows 7 pada kotak yang telah diberi tanda (X) dan jangan sampai salah  memasukkan SN, selebihnya silahkan ikuti seperti gambar diatas. NEXT

11. Pada Label silahkan beri nama sesuai keinginan setelah itu klik tombol Make ISO untuk membuat file iso windows 7  dan simpan selanjutnya klik NEXT untuk memprosesnya. Selesai

CATATAN
Untuk cara modifikasi Windows Vista Anda dapat mengikuti tutorial diatas
Continue reading Cara Modifikasi Windows 7

Sunday, November 23, 2014

, , ,

Cara Pasang Iklan PPC/ Adsense Disamping Artikel Postingan

Halo juragan... Kali ini juragan cipir ingin berbagi tentang cara pasang iklan PPC atau google adsense agar iklan tampil di area postingan bagian atas, tepatnya disamping kiri atau kanan paragraf pertama.

Penempatan seperti ini sangat memungkinkan menaikkan pendapatan/penghasilan adsense karena iklan berada sangat dekat dengan perhatian pengguna dan akan terlihat lebih awal ketika mereka memulai membaca. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini. Iklan sejajar dengan artikel post.


Namun perlu diperhatikan bahwa antara iklan dan isi konten harus bisa dibedakan dengan mudah oleh pengguna agar tidak melanggar kebijakan program adsense. Caranya adalah dengan memberikan label "advertisement" atau "sponsored links" di atas iklan jika iklan tersebut sangat dekat dengan isi bacaan. Atau jika anda tidak ingin menyertakan label advertisement, maka anda bisa membuat warna latar iklan yang berbeda dengan warna latar postingan. Sehingga setiap klik dari pengguna akan menghasilkan earning yang valid atau syah, karena pengguna yang meng-klik iklan benar-benar tahu bahwa itu adalah iklan, bukan bagian dari isi bacaan.

Sekarang kita mulai caranya

Perhatikan ini adalah tips untuk blog bermesin blogger atau blogspot.

1. Pertama siapkan dulu unit iklan yang ingin dipasang. Biasanya ukuran unit 300x250. Kemudian unit iklan tersebut harus diparse atau diconvert disini;

Alat Parse Convert Kode HTML Blogger

Pastekan script iklan disana lalu klik Convert, dan biarkan dulu kode iklan yang telah diconvert parkir sementara disana. 

2. Masuk ke dasbor blogger, langsung cari template, klik Edit HTML dan centang Expand Widget.

3. Cari kode berikut ini; <div class='post-body entry-content'>

4. Jika sudah ketemu, copy dan pastekan kode berikut ini tepat di bawah <div class='post-body entry-content'>

Kode yang dicopy;

<div dir='ltr' style='text-align: left;' trbidi='on'>
<span style='color: #666666;'><span style='font-size: x-small;'>Advertisement</span></span></div>

<div style='float:left;width:310px;height:260px;padding:0 0px 0px 0;'>

KODE IKLAN 300x250 DISINI (sudah diconvert/parse)

</div>

* Perhatikan bahwa jika anda tidak ingin menampilkan tulisan Advertisement maka jangan sertakan kode script yang ada di area berwarna orange. Cukup copy kode script yang ada di bagian bawah saja.

* Perhatikan bahwa ini untuk iklan tampil di sebelah kiri. Jika anda ingin iklan tampil di sebelah kanan, cukup ganti tulisan left warna merah dengan right.

* Perhatikan bahwa ini cocok untuk ukuran iklan "300x250,,. Jika anda ingin memasang ukuran iklan yang lain silakan dirubah ukuran 310 dan 260 warna biru sesuai dengan ukuran iklan yang anda maksud. Width adalah ukuran lebar dan height adalah ukuran tinggi.

Misalnya jika anda ingin memasang ukuran "336x280,, maka ukuran frame harus ditambah 10px, jadi 346x290. Tujuannya agar ruangan iklan tidak tampak sesak.

5. Jika sudah selesai jangan lupa klik Preview, jika tampil oke silakan klik Save Template.

(*) Jika anda ingin memasang iklan adsense di tengah-tengah artikel postingan agar selalu dilihat pengguna, dan bisa meningkatkan/memaksimalkan earning google adsense, silakan baca dibawah ini;

Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Artikel Postingan

Begitulah. Sekian dulu info dari juragan cipir tentang cara pasang iklan adsense di area postingan tepatnya di bagian atas dan bersebelahan atau berdampingan dengan artikel paragraf pertama. Semoga bermanfaat.
Continue reading Cara Pasang Iklan PPC/ Adsense Disamping Artikel Postingan

Saturday, November 22, 2014

, , ,

Alat Untuk Parse Convert Kode HTML Blogger

Gunakan alat parser/converter untuk mem-parse atau meng-konversi script iklan untuk disisipkan di HTML template blogger agar iklan bisa tampil di halaman blog.

Pastekan kode script iklan di area parser/converter tools bawah ini, lalu klik Parse/Convert. Kemudian silakan dicopy kode iklan yang telah diparse/convert dan tempatkan di HTML template anda.

Parse/Convert HTML




********************
Continue reading Alat Untuk Parse Convert Kode HTML Blogger