Perhatian: Google Adwords Keyword Tools Sudah ditutup dan diganti dengan Google Adwords Keyword Plan
Sebelum anda membangun sebuah website
bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya anda ingin menentukan
topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu. Melakukan riset kata
kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh
setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan sebuah
website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa
riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan
sangat mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari
seperti google.
Salah satu alat atau tools yang bisa
anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci website anda adalah Google
Adwords: Keyword Tool. Sebenarnya alat ini pada awalnya disediakan oleh
pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan agar pihak
advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering
digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari
google.
Bagi para publisher adsense, internet
marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini adalah salah satu tools
terbaik pencari kata kunci untuk membangun website bisnis mereka, dan
dapat digunakan secara gratis. Lalu anda bertanya, bagaimana cara riset
keywords dengan menggunakan google adwords keyword tools? Baca terus
artikel ini karena sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini adalah
gambar tampilan Google adwords keyword tools:
Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools.
Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik anda mendaftar
terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda,
tujuannya adalah agar dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi
pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak.
Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata
kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan
gambar di atas:
- Pada kolom No. 1, anda masukan keywords/ kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
- Pada kolom No. 2, anda bisa mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda, tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom tersebut.
- Pada kolom No. 3, pastikan anda mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.
- Pada Kolom No. 4, langkah ini adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.
- Kolom 5, setelah anda selesai memilih setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”, anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.
- Pada kolom 6, anda akan melihat data setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.
Sampai pada langkah di atas, anda akan
menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang
ditampilkan di google adwors kwyword tools, saya sangat menyarankan agar
anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena akan
berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih.
Untuk riset keywords yang lebih mendalam akan saya bahas pada artikel
berikutnya.
0 comments:
Post a Comment