Friday, November 14, 2014

Cara Memperbaiki Validasi HTML Error Blogger (Update)

Cara Memperbaiki Validasi HTML Error pada Template Blogger. Memperbaiki Validasi merupakan hal yang bisa membuat galau banget. Terutama bagi yang masih Newbie. Saya sendiri pengalaman berhari-hari mengorbankan waktu, bahkan segalanya jadi lupa daratan gara-gara banyaknya Error pada kode HTML Template Blogger.

Namun ada kepuasan tersendiri jika saya berhasil membuat Template Blog Saya Lulus Validasi. Namun Bagi yang masih ragu untuk memperbaiki Kode-kode yang Error, ada beberapa pertanyaan yang biasanya akan ditanya oleh blogger.

Apa itu Markup Validation?

Cara Memperbaiki Validasi HTML Error pada Template Blogger
Mayoritas halaman Website di World Wide Web tertulis dengan bahasa komputer  seperti bahasa HTML yang Terdiri dari struktur teks, konten, multimedia, template, dan lain-lain.

Setiap bahasa memiliki tata bahasa, kosa kata, struktur tersendiri. Setiap Bahasa harus tertulis dengan aturan. Maka semua bahasa (termasuk HTML) yang tidak sesuai dengan aturan bahasa HTML akan dianggap Error, alias ada kesalahan dalam aturan bahasa. 


Dalam Proses Verifikasi akan memeriksa/mengecek kesalahan. Istilah tersebut bisa disebut Validasi. Apabila bahasa HTML dalam template sukses lulus, maka disebut Valid.


http://validator.w3.org mendefinisikan " validasi markup " sebagai proses pemeriksaan dokumen Web terhadap tata bahasa yang standart.

Apa Manfaat dari Lulusnya Validasi Template kita?

Manfaatnya tidak begitu sangat mempengaruhi trafick/pengunjung yang datang ke Wesite, namun Validasi ini lebih tertuju pada elektabilitas Website. Berikut Manfaat Lulus Validasi Template:
#1. Loading page lebih cepat. Jika halaman web Anda terdapat kesalahan html, maka akan memakan waktu lebih lama untuk mesin pencari melakukan proses menampilkan halaman Website.
#2. Lebih Kompatibilitas terhadap Browser. Kompatiilitas adalah keadaan untuk menyesuaikan diri. Artinya Website anda bisa cepat menyesuaikan dengan Browser karena lebih ramah. Sebuah Website yang valid lebih mungkin untuk dapat diakses oleh semua jenis browser, platform.
#3. Professional. Lulus Validasi melambangkan ke-profesional-an Website. Website yang Lulus Validasi lebih terlihat profesional, walaupun pernyataan ini tidak 100% benar. Namun bagi seorang Web-Disainer adalah masalah yang terpenting. 
#4. SEO Friendly. Kode Website Anda teratur, bersih dari kode yang Error memungkinkan Search Engine untuk lebih cepat menjaring Halaman Website Anda.

Bagaimana Cara mengurangi Validasi yang Error?

Saya akan memberikan beberapa langkah untuk mengurangi Validasi, semua langkah ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya praktekan dan beberapa referensi lainnya dan diterapkan di Blogger. Saya akan membuat Demonya, menggunakan Alamat www.nawwafshop.co.vu yang sangat banyak Errornya. Kondisi sebelum diperbaiki.
Cara Memperbaiki Validasi HTML Error pada Template Blogger

Langkah Pertama

Silahkan Sobat menuju ke Template, kemudian Edit HTML. Carilah kode ini, untuk mempermudah gunakan CTRL+F.
 
Ganti dengan Kode ini

Langkah Kedua

Setelah tahap pertama, kemudian cari kode
Kemudian ganti dengan kode dibawah ini, dan save.

Langkah Ketiga

Menurut saya Kode ini adalah penyumbang terbesar Error. Perlu diingat, Setiap Anda menambahkan Widget baru, maka cari kode ini, dan Hapus. Hapus Semua kode ini!
Untuk menjaga tetap valid, pastikan hapus kode ini, apabila anda menambahkan Widget baru.

Langkah Keempat

Silahkan Anda mengecek ke validator.w3.org, tinggal berapa Error yang ada! Belum cukup puas! Apabila Anda menemukan Peringatan (seperti gambar ini), Anda Harus memasang Alt Gambar. 
Cara Memperbaiki Validasi HTML Error pada Template Blogger
An "img" element must have an "alt" attribute, except under certain conditions.
Maksudnya 
Sebuah elemen "img" harus memiliki atribut "alt", kecuali dalam kondisi tertentu.
kode yang Standart 
 <span style="color: blue;">alt gambar</span>
Contoh kode img Standart
 <span style="color: blue;">Blogger</span> 

Langkah kelima

Apabila Anda menemukan Peringatan Error Seperti gambar ini, maka Anda harus menambahkan kode berikut.
Cara Memperbaiki Validasi HTML Error pada Template Blogger

Anda mencari kode  kemudian tambahkan kode berikut, tepat diatas kode.


<!-- 

0 comments:

Post a Comment