Wednesday, November 19, 2014

, , ,

Mengoptimalkan Score Card di Google Adsense

Setelah beberapa hari lalu Google Adsense merayakan ulang tahunnya yang ke 10, Google Adsense mengeluarkan sebuah fitur terbaru untuk setiap Publisher. Tools terbaru ini berfungsi untuk membantu para penayang iklan dalam mengoptimalkan performa dan kinerja dari iklan yang digunakan. Karena iklan tersebut akan dipasang pada blog / website kita, oleh karena itu Adsense juga ikut menyertakan mengenai kecepatan muat halaman untuk mengoptimalkan tampilan iklan menjadi lebih maksimal dan cepat.

Tools Google Adsense ini diberi nama Score Card. Score Card dapat ditemukan pada halaman depan Google Adsense berada di sebelah kanan , setelah anda login. Score Card menyediakan informasi seberapa baik pengaturan iklan anda, halaman web dan konten akan dibandingkan dengan penayang Adsense lainnya. ScoreCarrd ini disusun dalam bentuk tabel berisi beberapa kategori ( revenue optimization, site health, etc. ) yang menunjukan hasil dari peringkat anda terhadap penerbit iklan.

Contohnya seperti berikut ini :

scorecard google adsense
Score Card terdiri dari 3 bagian :
1. Revenue Optimization
Berisi informasi mengenai cara mengoptimalkan iklan menjadi lebih maksimal dan sinkronisasi terhadap situs anda. Semakin baik Revenue Optimization kemungkinan hasil dari jumlah earnings juga akan meningkat. Untuk yang pertama yaitu Recommended Ad Formats.

Dalam memilih unit format iklan Adsense, pemilihan ukuran ads unit yang tepat secara tidak langsung akan meningkatkan nilai dari CPC Google Adsense. Tipsnya adalah dengan menggunakan unit iklan tersebut di halaman web kita dengan ukuran 468x60 , 160x600, 338 x 280 , dan 728 x 90. Dari keempat ukuran tersebut, alangkah baiknya anda menggunakan 2-3 iklan ads unit tersebut pada 1 blog atau website yang digunakan.

Text and image ads enabled
Iklan yang akan muncul di situs anda terdiri dari 3 jenis penayangan yaitu, Text ads only, Media image rich only, serta Text and Media ads. Dalam satu buah ukuran iklan tersebut jika anda memilih jenis tipe "text dan image" , maka iklan yang akan ditampilkan akan bersesuaian dengan unit iklan lain yang dipasang secara bersamaan. Dengan pilihan ini, Google Adsense akan menyesuaikan serta mengoptimalkan iklan yang muncul dengan baik apakah text atau gambar.

Crawler errors
Berbahaya sekali jika ada salah satu halaman anda yang tidak dapat muncul iklan. Hal ini biasanya disebabkan halaman yang telah dihapus, terdapat halaman yang tidak dapat ditemukan tetapi linknya terpasang di dalam situs anda, atau bisa juga karena konten artikel anda melanggar ketentuan TOS yang disediakan oleh Google Adsense. Crawler errors ini juga berhubungan dengan cara robot mesin pencari mencari setiap elemen yang akan diindex, jika menyatakan tidak keberhasilan maka muncullah peringatan crawler erros yang harus anda perbaiki.

Jika ada erros maka akan terlihat informasi mengenai link url halaman yang dapat anda perbaiki secepatnya.

2. Site Health

Di dalam bagan Site Health hanya berisi 1 buah statistik yaitu Page speed performance. Dimaksudkan bahwa agar kinerja iklan yang ditampilkan cukup relevance dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk diakses, halaman anda membutuhkan kecepatan loading blog yang sempurna. Dalam contoh gambar diatas, ada satu buah error, dimana terdapat satu atau beberapa bagian muat halaman yang membutuhkan waktu lebih lama daripada waktu akses request iklan.

3. Google +
Diharapkan bagi Publisher Google Adsense selalu membagikan konten artikelnya pada media social Google+. Selain untuk menunjang traffik blog, google+ kini juga berinisialisasi dengan adsense. Setiap pengunjung yang masuk melalui saluran Google+ dan pada situs anda mempunyai iklan Adsense, maka terekadang akan membuat nilai dari CPC apabila di click pengunjung akan lebih besar daripada melalui search engine. Google+ ini juga digunakan untuk memantau setiap otoritas dari penerbit iklan.

Dengan adanya Score Card ini diharapkan penayang iklan akan selalu mengoptimalkan performa dan kinrja situs serta iklan yang nantinya baik akan dimunculkan.

Di dalam score card terdapat sebuah rating, yaitu terdiri dari total nilai performa, peringkat, dan tombol pengoptimalan.
  • Peringkat ditunjukkan dengan icon bintang yang maksimal pencapaian top skor adalah 5 bintang.
  • Nilai Performa dilambangkan dengan tanda peringatan ( Ceklis, Tanda Seru Kuning, dan Tanda Seru Merah )
  • Tombol Pengoptimalan berbentuk segitiga berwarna hijau dan hitam yang menunjukkan dimana letak kesalahan yang harus dioptimalkan.

Google meluncurkan scorecard baru di AdSense saat ini yang memungkinkan pemilik situs untuk melihat bagaimana sifat mereka melakukan relatif terhadap penayang AdSense lainnya. Scorecard ini disusun menjadi tiga kategori: optimalisasi penerimaan, situs kesehatan dan Google+ (Google karena semuanya tidak perlu memiliki sedikit Google+ built-in). Untuk masing-masing, Google memberikan peringkat antara satu dan lima dan menyarankan perbaikan untuk meningkatkan lalu lintas dan pendapatan.
 Sebagai catatan Google, perusahaan tidak akan mengambil tindakan apapun dan menghukum situs yang memiliki skor rendah dalam salah satu dari tiga bidang. "Ini adalah alat informasi saja untuk memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana situs Anda berkinerja," dikemukakan oleh AdSense manajer produk Nick Radicevic dalam catatan pengumumannya.

Demikian informasi mengenai Cara Mengoptimalkan Score Card di Google Adsense Tahap 1 yang berisi penjelasan singkat. Semoga bermanfaat.

Read more: http://www.impoint.info/2013/06/mengoptimalkan-score-card-di-google.html#ixzz3JAQUf7uQ 

0 comments:

Post a Comment